• facebook
  • instagram
  • twitter

PERBEDAAN MENDASAR POLA TAPAK BAN

Kesadaran para pengguna ban akan pola tapak ban memang sangat kurang. Jarang yang memperhatikan permukaan ban yang kerjanya bersetubuh dengan aspal ini. Untuk kalangan modifikasi, “looks” menjadi prioritas disamping fungsinya. Kita akan bedah secara singkat perbedaan mendasar dan paham soal bagaimana pola pada tapak ban bekerja.

Surya dharma,marketing manajer PT. EP Tyres selaku produsen ban accelera dan forceum,menjelaskan secara umum ada 2 kategori pola tapak. Simetris dan asimetris. Pola simetris ini masih dibagi lagi dengan yang mempunyai pola simetris directional dan unidirectional. Surya menjelaskan pola simetris directional ini mempunyai fungsi safety dan menitikberatkan pada masalah performance. Pola simetris unidirectional lebih memiliki keunggulan dalam masalah yang satu ini. Surya menjelaskan,faktor ekonomis ban ini lebih awet karena mudah dirotasi sehingga peruntukannya mengedepankan kenyamanan pengguna.

Pola berikutnya yang tidak lupa diungkapkan adalah pola tapak asimetris. Pola ini mempunyai fungsi hibrida untuk menaklukan permukaan jalan yang basah pada bagian luar dan permukaan kering pada bagian dalam jelas Surya.

sumber : fatsi (majalah motor)

tires & rims

ss